Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

17 Agu

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus,- Tifus atau biasa di disebut tipes merupakan penyakit yang sering kita temui. Mungkin banyak orang yang mengenal penyakit tipes ini, namun pada dasarnya mereka tidak tahu mengapa penyakit ini dapat terjadi.

Dalam hal ini, akan diterangkan mengenai tipes yang bisa dikatakan sebagai penyakit yang diderita oleh kebanyakan orang.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Tipes atau dalam bahasa ilmiah disebut Demam Tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi yang dimana bakteri ini biasa ditemukan pada air kemih dan juga tinja penderita pada bagian dalam. Infeksi ini biasanya akan menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.

Penyakit tipes ini banyak diderita oleh masyarakat di beberapa negara berkembang dan sering menyerang anak-anak yang suka jajan sembarangan. Penyakit tipes ini sangat berbahaya.

Pada beberapa kasus, penyakit ini dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya apabila tidak segera ditangani dengan baik dan juga cepat. Penyakit tipes ini sangat cepat menular melalui interaksi dengan penderita, baik melalui urine ataupun fesesnya.

Baca juga: Obat Salep Penghilang Bekas Luka Di Apotik

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Penyebab Penyakit Tipes

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Penyebab penyakit tipes ini dapat muncul dikarenakan adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia, yang bernama bakteri salmonella typhi tadi. Bakteri ini masuk melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Makanan dan minuman yang kita konsumsi secara tidak langsung menjadi tidak sehat dikarenakan adanya hewan seperti lalat yang menghinggapinya. Hewan inilah yang membawa bakteri salmonella typhi tersebut ke dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bakteri salmonella typhi ini menginfeksi organ pencernaan.

Di berbagai negara berkembang seperti seperti di Indonesia, kebanyakan orang yang terinfeksi penyakit ini adalah akibat air minum yang tercemar dan sanitasi yang buruk.

Beberapa daerah di dunia masih memiliki sanitasi yang buruk dan kurang memadai, sehingga kotoran yang tercemar bakteri salmonella typhi ini dapat mencermari aliran air atau sungai. Orang yang meminum air atau mencuci alat makan dengan air tersebut bisa berpotensi terserang penyakit tipes.

Penderita tipes yang sudah sembuh pun masih dapat menyebarkan bakteri salmonella typhi ini. Dikarenakan masih terdapat bakteri dalam saluran pencernaan atau kantung empedunya, bahkan bisa sampai bertahun-tahun.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Gejala Penyakit Tipes

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Bakteri penyebab tipes mengalami inkubasi dalam rentan waktu antara 7 – 14 hari hingga akhirnya menimbulkan gejala pertama. Inkubasi bakteri sendiri diartikan sebagai proses yang dilakukan bakteri untuk memelihara kultur bakteri selama periode tertentu dan dengan suhu tertentu yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakteri tersebut.

Ketika gejala pertama muncul, Anda harus segera berobat agar penyakit tipes ini bisa segera disembuhkan dan tidak menjadi penyakit tipes yang parah.

Gejala-gejala umum yang sering terjadi adalah demam yang tinggi, bisa mencapai 39’C-40’C, otot yang terasa sakit, sakit kepala, tubuh terasa lemas, mudah kelelahan, hilangnya nafsu makan, munculnya ruam pada kulit yang berupa bintik-bintik kecil berwarna merah muda, dan pada anak-anak biasanya sering terkena diare.

Selain itu, gejala yang lainnya adalah melambatnya denyut nadi. Yang biasanya saat demam atau suhu badan panas, denyut jantungnya akan lebih cepat dibandingkan biasanya.

Namun berbeda halnya bagi orang yang terkena tipes, denyut jantung orang yang terkena tipes justru akan menjadi semakin lambat dari biasanya. Ini disebabkan adanya racun atau toksin yang berasal dari bakteri penyebab tipes, sehingga pada akhirnya denyut nadi akan menjadi lambat.

Gejala lain yang muncul juga bisa berupa sakit perut, mual dan muntah, lidah yang berwarna putih dan pola BAB yang menjadi berubah.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Bahaya Penyakit Tipes

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Sangat berbahaya apabila penyakit tipes ini tidak segera diobati. Akibat yang dapat terjadi adalah pendarahan usus (perforasi). Perforasi merupakan kondisi yang serius dan sering ditemukan dari kebanyakan penderita tipes.

Kondisi ini dapat terjadi pada orang yang menderita tipes lebih dari tiga minggu dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

Perforasi disebabakan oleh bakteri yang tadinya tinggal dalam sistem pencernaan, berpindah ke bagian perut. Bakteri  tipes akan menyerang lapisan peritoneum di bagian perut. Lapisan peritoneum ini merupakan lapisan dibagian perut yang tidak memliki sistem khusus untuk melawan infeksi dari bakteri tipes ini.

Orang yang menderita tipes lebih dari dua minggu dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat juga berpotensi terkena pendarahan internal, yang pada umumnya pendarahan ini tidak menunjukan gejala pendarahan secara khusus.

Ada pula miokraditis dan endokarditis. Miokraditis adalah peradangan yang terjadi di bagian otot jantung. Infeksi dari bakteri tipes ini bisa menyebar ke bagian otot jantung. Miokraditis biasanya ditandai dengan detak jantung yang tidak teratur.

Sedangkan endokarditis merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada bagian selaput jantung dan katup jantung. Infeksi dari tipes menjalar ke bagian jantung dan menyebabkan rusaknya bagian katup jantung sehingga komplikasi menjadi lebih parah.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Makanan Yang Baik dan Buruk Bagi Penderita Penyakit Tipes

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Asupan makanan saat terkena penyakit tipes harus sangat diperhatikan, karna apabila Anda mengkonsumsi makanan yang salah justru akan memperparah penyakit tipes Anda. Makanan yang baik bagi orang yang terkena penyakit tipes diantaranya adalah :

Makanan yang lunak
Makanan yang lunak ini dianjurkan bagi penderita tipes agar tidak mempersulit kerja usus ketika mencernanya. Tidak sekedar lunak saja, makanan yang di konsumsi juga harus yang mengandung nilai gizi serta nutrisi yang baik agar menambah energi si penderita tipes.

Contoh makanan tersebut antara lain adalah bubur, nasi tim ayam, kentang tumbuk, roti bakar, puding, dan biskuit.

Makanan yang rendah serat
Mengkonsumsi makanan yang rendah serat dapat membuat fungsi usus berjalan dengan normal. Contoh makanan tersebut antara lain adalah kacang panjang, buncis muda, labu siam, pepaya, dan wortel.

Pisang
Salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita tipes adalah buah pisang. Pisang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan termasuk kesehatan pencernaan usus. Karena pisang memiliki tekstur yang lunak dan juga rendah serat. Sehingga memudahkan penderita untuk mencerna.

Selan itu, makanan yang baik bagi penderita tipes antara lain adalah daging ayam rebus, hati ayam, ikan rebus, kacang kedelai, tahu, alpukat, buah naga, dan melon.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Adapun makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita tipes antara lain adalah :

  • Makanan yang pedas
  • Makanan yang asam, makanan berlemak
  • Makanan yang berserat tinggi
  • Makanan instan
  • Minuman beralkohol, bersoda dan kafein.
Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Untuk pengobatan secara medis, biasanya penderita diberi Antibiotik untuk penyakit tipes. Pemberian antibiotik ini biasanya dilakukan 7- 14 pada saat gejala tipes terjadi. Antibiotik untuk penyakt tipes yang diberikan oleh dokter biasanya berupa golongan Kuinolon, golongan cephalosporin, kloramfenikol, thiamfenikol, sulfa dan lain-lain.

Untuk penyakit tipes stadium awal atau hanya masih berupa gejala-gejala saja, biasanya pengobatan dapat dilakukan di rumah. Pemberian antibiotik untuk penyakit tipes yang dilakukan di rumah tentunya harus disertai dengan resep dokter. Apabila pemberian antibiotik untuk penyakit tipes tepat dan sesuai anjuran dokter, gejala tipes biasanya akan sembuh dalam 2-3 hari.

Namun, sebaiknya konsumsi antibiotik tidak dihentikan sebelum antibiotik yang diberikan oleh dokter tersebut habis. Hal ini sangat penting untuk memastikan virus-virus penyebab tipes telah hilang dari tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mengalami kambuh akibat virus tipes yang masih ada di dalam tubuh.

Bila dalam jangka waktu 7-14 hari gejala tipes tidak kunjung sembuh dengan pengobatan di rumah, berarti penderita tipes mengalami penyakit tipes stadium lanjut dan tentunya harus segera dirawat rumah sakit.

Perawatan di rumah sakit tentunya lebih baik karena kondisi penderita pasti di pantau oleh dokter. Di rumah sakit juga pasien akan diberi antibiotik untuk penyakit tipes satdium lanjut tersebut.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Antibiotik Alami Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus – Selain antibiotik dari obat-obatan berbahan kimia, ada pula antibiotik untuk penyakit tipes yang berasal dari bahan-bahan herbal yang alami berasal dari alam.

Tentunya antibiotik yang berasal dari bahan herbal ini aman digunakan untuk mengobati tipes. Penggunaan antibiotik alami ini dapat dikonsumsi bersama dengan obat-obatan dari dokter. Namun tentunya, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu agar penggunaan dan dosis nya benar.

Antibiotik untuk penyakit tipes yang alami bisa Anda dapatkan dari kunyit dan madu.

Kunyit
Kunyit dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit tipes. Ini dikarenakan kunyit bersifat antibiotik, antibakteri dan antiseptik. Sifat-sifat kunyit tersebut dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan virus penyebab tipes.

Madu
Sejak dahulu madu telah dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Tentunya madu juga dapat mengobati penyakit tipes. Madu dapat digunakan sebagai antibiotik alami untuk pengobatan penyakit tipes. Antibiotik dari madu akan menghambat pertumbuhan dan membunuh virus-virus yang membahayakan tubuh, termasuk virus penyebab tipes.

Antibiotik Untuk Penyakit Tipes / Tifus

Sumber: https://diriaherbal.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *